Hari ini aku berjalan sedikit tergesa, mempercepat langkah ke lapangan belakang. Aku terlambat satu jam tapi forum baru saja dimulai. Matahari begitu panas,aku basuh peluh di dahiku, rasa keringat membasahi kain biru ini sembari duduk di batas cahaya matahari yang terlindungi bayangan pohon. Satu daunnya jatuh tepat didepanku, tanah ini tak penah bersih. Diam sejenak, sudah lama aku tak melihat wajah-wajah ini secara bersamaan, meski tak semua ada disini tapi rasa rindu untuk sekedar duduk disini benar kuat adanya.
Pemimpin kami sedang berbicara,menyampaikan agenda hari ini dan meminta kami menceritakan tentang kepemimpinannya. Beberapa tangan melambung ke udara, suara mereka sungguh mudah dikenali tanpa perlu menunjukkan hidungnya. Aku tetap saja diam,selalu setuju dengan perkataan mereka. Singkat cerita agenda satu dua tiga selesai. Agenda terakhir adalah meletakkan pilihan kami, berdiri dalam jejeran manusia terbaik dalam kelompok ini,satu panjangnya manusia ini kian jauh. Satu nama disebut,kaki kaki ini berhamburan sembari bertepuk tangan. Dan akhirnya setelah sekian lama teriakan ini kembali menggelegar di bumi perjuangan, tangan tangan teracung keatas, dengan suara baru yang khas. Selesai sudah forum ini,menyisakan semangat dan serpihan pemuda yang bersatu saling menguatkan. Dengan suara baru ini aku menanti sebuah cerita baru, yang indah untuk diceritakan pada tahun-tahun mendatang.
Sebuah kisah yang menggetarkan layaknya ketika teriakan ini digaungkan. Sebuah kisah yang membawa kami pada arti keluarga,bukan hanya di ujung lidah tapi mengakar kuat di dalam dada.

Surabaya, 28 Oktober 2014
CE ITS 2013
Komunal pergantian komting.

